Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Kamis, September 29, 2011

29 September 2011
Pekan Biasa XXVI
Pesta St. Mikhael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung (P); St. Siriakus; Sta. Theodota dr Philippopolis

Kata Filipus kepadanya: ”Mari dan lihat­lah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: ”Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: ”Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: ”Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: ”Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: ”Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan
Hari ini kita merayakan pesta para malaikat. Mereka adalah para pelayan Allah yang sangat setia. Selain itu, mereka juga diberi tugas yang sangat mulia, melindungi dan menyertai hidup orang-orang beriman.

Malaikat Mikhael adalah malaikat agung Allah dan panglima bala tentara surga. Mikhael dikenal sebagai pembela kaum beriman menghadapi serangan musuh. Dalam Kitab Wahyu, Yohanes menggambarkan pertentangan antara yang baik dan yang jahat (Why. 12:7–12). Oleh karena itu, Gereja memandang Mikhael sebagai pelindung serta pembela Gereja dalam penganiayaan, godaan, dan perpecahan. Adapun malaikat agung yang lain adalah Gabriel yang dikenal sebagai pembawa kabar gembira dari Tuhan kepada manusia. Dia diutus membawa kabar gembira kepada Bunda Maria. Sementara itu, Malaikat Rafael, sebagai tabib Allah diutus untuk menyembuhkan manusia dari penyakit dan menguatkan kelemahan jiwa serta membebaskan manusia dari perhambaan setan (baca Tob. 4–12).

Para malaikat adalah pribadi-pribadi yang setia melayani Allah. Maka, patut mendengarkan teguran dan nasihatnya. Mereka diberikan kepada kita sebagai teman yang baik dalam perjalanan hidup dan iman kita.

Ya Tuhan, Engkau mengutus para malaikat-Mu untuk menyertai dan melindungi perjalanan hidupku. Buatlah aku menghargai kehadiran dan peranannya. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2011

0 comments: