Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Jumat, November 04, 2011

4 November 2011
Pekan Biasa XXXI (H)
Pw St. Karolus Boromeus, Usk (P); St. Emerik

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Ada seorang kaya yang mem­pu­nyai seorang bendahara. Kepadanya disam­paikan tuduhan, bahwa bendahara itu menghamburkan miliknya. Lalu ia memanggil bendahara itu dan berkata kepadanya: Apa­kah yang kudengar tentang engkau? Berilah pertanggungan jawab atas urusanmu, sebab engkau tidak boleh lagi bekerja sebagai ben­dahara. Kata bendahara itu di dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat? Tuanku me­me­cat aku dari jabatanku sebagai bendahara. Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu. Aku tahu apa yang akan aku perbuat, supaya apabila aku dipecat dari jabatanku sebagai bendahara, ada orang yang akan menam­pung aku di rumah mereka. Lalu ia memanggil seorang demi seorang yang ber­hutang kepada tuannya. Katanya kepada yang pertama:

Berapakah hutangmu kepada tuanku? Jawab orang itu: Seratus tempayan minyak. Lalu katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, duduklah dan buat surat hutang lain sekarang juga: Lima puluh tempayan. Kemudian ia berkata kepada yang kedua: Dan berapakah hutangmu? Jawab orang itu: Seratus pikul gandum. Katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, buatlah surat hutang lain: Delapan puluh pikul. Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang.”


Renungan
Seorang pelajar atau mahasiswa menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan dana untuk menyelesaikan sekolah atau kuliahnya. Ia pastilah rajin belajar, mengerjakan tugas-tugas, membuat penelitian, karya tulis, mengikuti ujian, dan seterusnya agar ia mencapai tingkat prestasi akademik yang tinggi. Demikian juga seorang pekerja, pengusaha, pejabat, dan sebagainya. Orang-orang ini tidak segan-segan bekerja keras, membanting tulang, memeras keringat dan otak, agar pekerjaannya sukses. Untuk segala urusan itu, orang rela berkorban banyak. Apakah usaha dan perngorbanan yang sama juga dilakukan untuk membangun hidup rohani?

Lewat perumpamaan bendahara yang tidak jujur, Yesus mengingatkan kita bahwa orang hendaknya jangan hanya bersemangat mengurusi urusan duniawi saja, tetapi juga perlu bersemangat mengurusi hal-hal rohani.

Tuhan, janganlah aku terlena hanya mengurusi hal-hal duniawi, tetapi doronglah aku untuk setia juga membangun hal-hal rohani. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2011

0 comments: