Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Jumat, Januari 20, 2012

20 Januari 2012
Pekan Biasa II (H)
St. Fabianus, Paus; St. Sebastianus; St. Eutimos Agung; B. Cyprianus Michael Tansi; St. Yohanes Pembaptis dr Triguerie

Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dike­hendaki-Nya dan mereka pun da­tang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

Renungan
Yesus naik ke atas bukit. Tidak disebutkan nama bukitnya. Yang lebih penting adalah simbolisme dan pemaknaannya, bukan lokasinya. Dalam Kitab Suci bukit atau gunung merupakan tempat kudus yang dikaitkan dengan kehadiran Allah. Di sana orang mengalami kehadiran-Nya. Di sana orang mengalami persatuan dengan Dia.

Di saat-saat penting kehidupan publik-Nya Yesus naik ke atas bukit: ketika Ia mau menetapkan kedua belas murid pilihan-Nya, ketika menyampaikan Khotbah Bahagia, pada saat Transfigurasi dan setelah memberi makan 5000 orang ... Di sana Yesus menyatukan diri dengan Bapa untuk memilah-milah kehendak-Nya (discernment).

Kali ini, sebelum mengambil keputusan penting tentang kedua belas murid pilihan-Nya, yang akan menjadi lingkar dalam (inner circle) pelayanan-Nya, Ia naik ke atas bukit. ”Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan untuk menerima dari Dia kuasa mengusir setan” (Mrk. 3:14). Mereka menjadi orang-orang yang diurapi oleh Tuhan dan diberi kuasa-kuasa pelayanan. Keterpilihan mereka bukan merupakan suatu privilese untuk dinikmati melainkan suatu tugas untuk dipenuhi.

Sesungguhnya, ketika Allah memanggil seseorang, Ia mempunyai suatu maksud khusus baginya. Kita pun dipanggil dan diutus oleh Allah melalui cara kita masing-masing untuk suatu maksud khusus Allah.

Tuhan Yesus Kristus, kuatkan dan bahagiakanlah aku dalam memenuhi panggilan dan perutusan yang Kaupercayakan kepadaku. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2011

0 comments: