Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Jumat, Mei 25, 2012

25 Mei 2012
Pekan PASKAH VII (P); Novena Pentakosta 8
St. Beda Venerabilis; St. Gregorius VII, Paus; Sta. Magdalena Sofia Barat; Sta. Maria Magdalena de Pazzi

Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: ”Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: ”Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: ”Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: ”Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: ”Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: ”Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: ”Simon, anak Yohanes, apa­kah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ke­­ti­­ga kalinya: ”Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: ”Tuhan, Eng­­kau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bah­­wa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepa­­da­­nya: ”Gembalakanlah domba-domba-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ke­ti­ka engkau masih muda engkau mengikat ping­­gang­mu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulur­kan tangan­­mu dan orang lain akan mengikat eng­kau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.” Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengata­kan demikian Ia berkata kepada Petrus: ”Ikutlah Aku.”

Renungan
Dalam upacara pernikahan, sebelum pasangan diberkati dan dikukuhkan dalam Sakramen Perkawinan, keduanya menyatakan dengan tegas janji setianya untuk mencintai pa­sangannya dalam untung dan malang sampai maut memisahkan. Namun, dalam kenyataannya banyak keluarga yang gagal mempertahankan janji itu dengan berbagai alasan pembenaran diri. Prahara perceraian dalam perkawinan Katolik semakin hari semakin meningkat. Cinta yang mengikat seumur hidup tidak lagi menggema, karena pengalaman cinta Allah berupa pengampunan, penerimaan, kasih tanpa syarat dan pengorbanan belum dialami dan dihidupi masing-masing pihak.

Sesudah kebangkitan-Nya, cinta dan kesetiaan Petrus diuji Yesus melalui pertanyaan sederhana sebanyak tiga kali: ”Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?” (Yoh. 21:15). Komitmen Petrus terhadap jawaban cinta ini dipertahankan sampai akhir hidupnya, walaupun ia diserang oleh berbagai gelombang pencobaan yang besar selama ia memimpin Gereja. Semua ini terjadi karena ia sendiri sudah mengalami cinta Allah yang amat besar melalui pengampunan dan penerimaan Tuhan atas dirinya yang rapuh. Demikian juga Paulus bertahan dalam komitmennya karena ia juga mengalami cinta yang sama dari Tuhan, yaitu pengampunan dan penerimaan.

Jika setiap pasangan keluarga menghayati cinta pengampunan, penerimaan, pengorbanan serta kesetiaan maka tidak mustahil janji yang diucapkan itu bertahan sampai akhir. Berbahagialah setiap keluarga yang dapat mewujudkan cinta seperti ini.

Ya Tuhan, urapilah aku dengan Roh-Mu agar aku mampu melihat dan mengalami kasih-Mu dalam hidupku. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2012

0 comments: