Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Selasa, Juni 05, 2012

5 Juni 2012
Pekan Biasa IX (H)
St. Bonifasius; St. Ferdinandus Constante

Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan. Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: ”Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?” Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mere­ka, lalu berkata kepada mereka: ”Mengapa kamu men­cobai Aku? Bawalah kemari suatu dinar su­paya Kulihat!” Lalu mereka bawa. Maka Ia ber­tanya kepada mereka: ”Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka: ”Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: ”Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

Renungan
Salah satu kecenderungan jahat yang bisa menyakiti hati orang lain dan bahkan memecah belah persaudaraan adalah suka membanding-bandingkan. Orangtua kadang tidak sadar membandingkan anak yang satu dengan yang lainnya sehingga terjadi ketegangan antarmereka; bawahan membandingkan pimpinan yang satu dengan yang lainnya atau sebaliknya pimpinan membandingkan karyawan yang satu dengan yang lainnya; umat membandingkan pastor parokinya yang dulu dengan pastornya yang sekarang dan juga sebaliknya. Berbagai alasan dan motivasi melatarbelakangi dan mendorong orang untuk melakukan hal itu.

Perbuatan jahat itu juga dilakukan oleh orang-orang Farisi dan Herodian. Mereka mau menjebak Yesus dengan cara menanyakan mana yang harus diutamakan: membayar pajak kepada kaisar atau tidak? Jika membayar pajak berarti memihak kaisar dan itu artinya mengkhianati Israel; jika tidak membayar pajak berarti menentang kaisar. Terhadap jebakan itu Yesus memberikan jawaban yang mengarahkan pikiran mereka pada sikap menghargai dan menghormati setiap kuasa dengan semestinya. Penghargaan kepada kaisar tidak berarti dan tidak boleh meniadakan penghormatan dan sembah sujud dalam ketaatan iman kepada Allah. Demikian juga sebaliknya, ketaatan iman kepada Allah bukan berarti meniadakan penghormatan kepada kuasa di dalam pemerintahan. Dengan kata lain, jawaban Yesus itu mau mengajak kita agar bisa menempatkan diri dengan tepat dan semestinya.

Ya Tuhan, aku bersyukur bahwa Engkau mengajarkan aku untuk bersikap hormat terhadap Engkau dan para pemimpin di dunia ini. Jadikanlah aku murid-Mu yang selalu melaksanakan kehendak-Mu. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2012

0 comments: