Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Rabu, Agustus 24, 2011

24 Agustus 2011
Pekan Biasa XXI
Pesta St. Bartolomeus, Rasul (M), Sta. Emilia de Vialar


Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: ”Kami telah mene­mu­kan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya: ”Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya: ”Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: ”Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Kata Natanael kepada-Nya: ”Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: ”Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: ”Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: ”Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: ”Aku ber­kata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”


Renungan
Vannia adalah primadona di kelasnya. Sifatnya yang terbuka dan berani membuat teman-teman sekelas mengangkatnya menjadi kepala ’geng’. Kesulitan apa pun yang dihadapi teman-temannya selalu dapat ia bantu mengatasinya. Berhadapan dengan kakak-kakak kelas yang galak, menghadapi guru yang sedang marah, sampai menghadapi Mas Ojo penjual minuman dingin di pinggiran pagar sekolah yang sering bikin masalah dengan anak-anak sekolah, semua dapat diatasi Vannia dengan mudah.

Dalam setiap komunitas biasanya akan lahir pemimpin-pemimpin. Mereka awalnya orang-orang biasa, yang karena dukungan keadaan kemudian tampil menjadi pemimpin. Ada yang berhasil menjadi pemimpin yang baik dan disenangi orang, tetapi tak sedikit juga yang menjadi pemimpin yang dibenci. Mereka semua sama-sama memiliki kelebihan dibandingkan anggota komunitas lainnya.

Gereja perdana juga memilih pemimpin-pemimpin perdananya melalui Yesus Sang Guru. Sekelompok pemimpin itu dinamai para rasul. Salah seorang di antaranya adalah Natanael, petani dari Kana, yang diperkenalkan kepada Yesus oleh Filipus. Keraguannya, yang kemudian diikuti oleh pengakuan imannya akan Yesus sebagai Putra Allah, membuatnya amat istimewa di mata Yesus. Ia diperkenankan menjadi salah satu saksi kebangkitan-Nya dalam peristiwa penampakan di tepi Danau Tiberias. Natanael disebut juga Bartolomeus (Yunani), atau bar-Tolmay dalam bahasa Arami, yang artinya anak Tolmay, putra petani.

Yesus, Putra Allah, bentuklah diriku menjadi rasul-rasul-Mu di masa kini, yang siap mengantar banyak orang mencapai keselamatan yang Kaujanjikan itu. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2011

0 comments: