Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Kamis, Desember 23, 2010

Renungan harian 23 Desember- Identitas sebagai umat Kristiani

St. Yohanes dr Kety; St. Servulus

Mal 3:1-4,4:5-6,
Mzm 25:4b-5b,8-9,10-14,
Luk 1:57-66

Luk 1:57-66

Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan ia pun me­lahirkan seorang anak laki-laki.

Ke­tika tetangga-tetangganya serta sanak sau­dara­nya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia.

Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya, tetapi ibunya berkata: ”Jangan, ia harus dinamai Yohanes.”

Kata mereka kepadanya: ”Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian.” Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu.

Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: ”Namanya adalah Yohanes.” Dan mereka pun heran semuanya. Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan ter­­lepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah.

Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea.

Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: ”Menjadi apakah anak ini nanti?” Sebab tangan Tuhan menyertai dia.



Renungan
Kelahiran Yohanes dengan berbagai peristiwa hidup yang dialaminya merupakan suatu rangkaian panjang dari kasih Tuhan,

bukan saja bagi Zakharia dan Elisabet, melainkan semua bangsa manusia. Yohanes berarti Tuhan Penyayang.

Nama itu diberikan Tuhan dan sekaligus menjadi semangat yang menjiwainya. Yohanes memaklumkan kasih Tuhan yang agung kepada umat manusia.

Pentinglah bagi manusia yang dikasihi Allah untuk bertobat agar mereka bisa mengenyam kasih-Nya dengan leluasa.

Kita masing-masing mempunyai nama. Tidak semua orang tahu arti namanya sendiri. Namun sebagai orang yang dibaptis, kita mempunyai satu nama yang berlaku umum: ”Kristiani,” yakni nama yang dikenakan kepada semua pengikut Kristus.

Sadarkah kita akan identitas kita sebagai pengikut Kristus? Apa saja yang sudah atau sedang kita persiapkan untuk menyambut kelahiran Kristus?

Apakah kita bisa membagikan kasih Allah kepada sesama kita? Apakah pertobatan kita telah mencapai level yang membesarkan hati kita?

Ada salah satu moto yang penting dalam hidup: ”Jadilah dirimu sendiri”.

Marilah kita berjuang selalu untuk menjadikan diri kita yang Kristiani ini menjadi insan yang siap sedia berbenah diri untuk membagikan kasih Tuhan sebagaimana yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis.

Yohanes, nama yang penuh makna karena memaklumkan kasih Tuhan.

Doa: Ya Tuhan, sadarkanlah aku selalu akan identitasku sebagai anak-Mu dan pengikut Kristus Putra-Mu. Bantulah aku menjadi putra-putri-Mu yang setia. Amin.



Sumber : Ziarah Batin 2010

0 comments: