Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Senin, Januari 03, 2011

Renungan harian 3 Januari 2011-terlibat dalam karya penciptaan dan penyelematan

Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan (P)
Pesta Nama Yesus yang tersuci
St. Anterus, Paus; St Fulgensius

1Yoh 3:22-4:6,
Mzm 2:7-8,10-11,
Mat 4:12-17,23-25

Mat 4:12-17,.23-25

Tetapi waktu Yesus mendengar bahwa Yohanes telah di tangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: Tanah Zabulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain,- bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.” Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”

Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea, Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang-orang berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

Renungan
Kalau Anda jalan-jalan di Manila, Philipina, baik di perumahan maupun di pertokoan, maka Anda hampir selalu menemukan gambar Yesus dan Maria. Hal ini tidak mengherankan karena sebagian besar warga negara Filipina adalah Katolik. Yesus dan Maria di kenal d setiap penjuru negeri. Mereka mengenal Yesus sebagai Juru Selamat, Tuhan, dan Kristus. Yesus pun dikenal sebagai yang dapat “menlenyapkan segala penyakit dan kelemahan”

Apakah cukup hanya mengenal Yesus? Rupanya mengenal saja tidak cukup, orang perlu percaya kepada-Nya. Orang yang kenal belum tentu terlibat dalam karya, tetapi mereka yang percaya melibatkan diri sepenuhnya, ambil bagian dalam karya-Nya “melenyapkan segala penyakit dan kelemahan”. Itulah juga salah satu segi dari pertobatan, yakni tidak hanya menjadi penonton dari jauh tetapi kini menjadi aktor dan pemain.

Apa artinya menjadi aktor dan pemain? Artinya, orang terlibat dalam karya penciptaan dan penyelematan. Singkatnya, mengasihi sesama. Dengan demikian, percaya kepada Yesus di wujudkan dengan karya Kasih, mengampuni, dan “melenyapkan segala penyakit dan kelemahan”. Aktor dan pemain yang demikian menunjukkan apa yang dikatakan Yohanes, Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita” (1 Yoh 3:24)

Doa: Yesus, tambahkanlah imanku. Semoga aku tidak hanya menjadi penonton dalam hidup ini, tetapi mau melibatkan diri dalam karya kasih. Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2011

0 comments: