Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Jumat, Maret 11, 2011

11 Maret 2011
Jumat Sesudah Rabu Abu (U)
St. Sofronius; St. Pionisius; St. Eulogius dan Leokrita


Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: ”Menga­pa kami dan orang Farisi ber­puasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?” Jawab Yesus kepada mereka: ”Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita se­la­ma mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.”

Renungan
Konon, ketika Sidharta Gautama sedang bertapa dan berpuasa amat keras, lewatlah seorang pemusik. Sang pemusik ini menyanyikan sebuah lagu dengan syair sebagai berikut: ”Bila senar harpa diputar terlalu kuat maka senar akan putus. Namun, bila senar diputar terlalu kendor, akan menghasilkan nada yang fals!” Mendengar syair tersebut, tersentaklah Sidharta. Seperti mendapat pencerahan, Sidharta tiba-tiba menyadari bahwa tubuh manusia itu ibarat senar harpa. Bila dipaksa berpuasa terlalu keras, tubuh akan menjadi sakit. Sebaliknya, bila kita terlalu memanjakan tubuh dengan membiarkan diri makan semau-mau kita, juga akan membuat tubuh kita tidak sehat.

Dewasa ini banyak orang, khususnya kaum wanita, berpuasa alias menghindari berbagai makanan dan minuman. Tujuan mereka satu, yaitu untuk menjaga kelangsingan tubuh. Bagi mereka, puasa hanyalah alat untuk memperoleh kesehatan serta keindahan tubuh.

Berpuasa memang bukan suatu keutamaan pada dirinya sendiri. Puasa merupakan alat untuk mencapai keutamaan bila kita memanfaatkannya secara benar. Puasa dapat menjadi sarana untuk melatih penguasaan diri dan semakin dekat dengan Tuhan. Lewat puasa, kekuatan rohani dapat kita nyatakan dalam kehidupan kita dalam bentuk karya amal kasih.

Tuhan, dengan bimbingan-Mu yang penuh kasih, tuntunlah aku agar dapat melanjutkan puasa yang telah aku mulai ini. Ajarlah aku juga untuk menjalankan puasa dengan hati ringan gembira dan memaknainya dengan perbuatan kasih. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2011

0 comments: