Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Senin, April 23, 2012

23 April 2012
Pekan Paskah III (P)
St. Adalbertus; St. Georgius; B. Helena dr Udin; B. Maria Gabriella Saghedu; Egidius dr Asisi

Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya, ”Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”

Yesus menjawab mereka, ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.” Lalu kata mereka kepada-Nya, ”Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka, ”Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hen­daklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”


Renungan
Suatu ketika ada anjing yang mengejar seekor tupai. Anjing itu dengan lantangnya menyalak sambil berlari cepat. Teman-temannya yang berada di dekatnya melihatnya maka spontan lebih dari lima anjing ikut berlari. Ketika tupai itu sudah tertangkap anjing pertama, kelima anjing lain masih berlari sambil menyalak-nyalak dengan ganas.

Banyak orang berbondong-bondong ikut seminar, datang ke Gereja, dan aktif dalam aneka kegiatan Gereja. Bahkan banyak yang merasa menjadi penjaga kebenaran maka ketika melihat seorang umat atau pastor dianggap berbuat salah, mereka beramai-ramai menghukumnya. Mereka seperti kelima anjing tadi. Ramai-ramai, tetapi tidak tahu sasarannya.

Dalam Injil tadi orang banyak berbondong-bondong, kelihatannya mereka mencari Yesus. Padahal hanya memuaskan emosinya. Yesus mengingatkan mereka: ”Sesungguhnya kamu mencari Aku bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang! Kerjakanlah pekerjaan yang dikehendaki Allah.”

St. Stefanus martir pertama adalah korban dari orang-orang yang merasa menjadi penjaga kebenaran agama. Karena mereka merasa tersudut, mereka menghasut orang banyak untuk menyalahkan dan merajamnya sampai mati. Di Gereja dan lingkungan kerja kita, di dalam keluarga dan komunitas kita, juga sering ada stefanus-stefanus kecil, korban dari sikap tidak tepat dari orang-orang di sekitarnya.

Tuhan Yesus, ampunilah aku bila aku salah dalam menempatkan diri dan ajarilah aku untuk terus mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2012

0 comments: