Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Senin, April 09, 2012

SURAT KELUARGA APRIL 2012

Kalau Semua Keluarga Menikmatinya

Kalau setiap kita mengalami nyamannya berkeluarga,
Pasti Tuhan berhamburan pujian dan syukur
Jika semua kita menikmati kehangatan di rumah
Tentu Paskah menjadi pengalaman harian semua orang


SELAMAT PASKAH UNTUK KELUARGA –KELUARGA
DI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA


Salam sejahtera untuk seluruh keluarga di Keuskupan kita!

Semoga kata-kata di atas surat ini tidak terlalu optimis bagi kita semua. Saya berharap semua kita mengalami paskah yang membawa sukacita istimewa bagi setiap keluarga di Keuskupan kita tercinta ini. Meskipun tentu saja masih ada beberapa persoalan yang hadir di tengah-tengah kita, tetapi dengan penuh harapan kita ingin melihat segala sesuatu secara lebih positif, bahwa lebih banyak keluarga yang mengalami kebangkitan-Nya dan merasa diberkati Allah Yang Maharahim.
Saya ingin mengajak Anda semua mengalami Paskah bersama pengalaman para rasul, pengikut, dan mereka yang percaya kepada Yesus Kristus yang bangkit. Pengalaman itu diterima bersama tokoh-tokoh sederhana, para perempuan dan ibu yang membuat pengalaman itu menjadi menakjubkan, indah dan mempunyai sensasi kekeluargaan.
Para perempuan seperti Maria, Ibu Yesus, Maria Magdalena, dan Maria yang lain sangat penting. Mereka adalah tokoh tokoh yang dengan setia mengikuti perjalanan salib dan kematian Yesus. Mereka juga tokoh yang kemudian sangat berperan dalam penyebaran pertama berita kebangkitan Tuhan (Bandingkan Mat. 28.1-10).
Sebuah kisah barangkali kurang cukup mengatakan bahwa peran para perempuan dalam mewartakan Kristus besar. Dalam kisah kisah selanjutnya, rupa-rupanya, peran para perempuan, terutama Maria, sangat besar dan penting (lihatlah misalnya Luk. 24:1-12). Dikumpulkannya pengikut Kristus bagaikan anak-anaknya, dan dibiarkannya mereka semua memanggilnya “Ibu”. Kekuatan pewartaan disatukannya dengan kekuatannya sebagai Ibu yang bertekun dalam doa (Kis 1:14). Bagaimanakah sekarang peran itu diambil oleh para perempuan atau para ibu dewasa ini?
Melalui sikap dan peran keibuan, para Ibu dan perempuan telah menjadi bagian dari pewartaan Kristus yang bangkit. Merekalah yang paling mampu menampilkan ke-Ibu-an Allah yang membangkitkan Yesus. Melalui pengenalan akan wajarnya suatu perjuangan dan penderitaan di dunia ini, para perempuan telah menjadi laskar yang kompeten mewartakan iman akan salib dalam hal paling sederhana sehari-hari.
Melalui katekese harian, mengajak anak-anak berdoa setelah bangun tidur; mulai dengan membujuk anak-anak yang mengantuk; mengajarinya melipat tangan; mengajaknya berdoa dengan kata-kata biasa; bukankah Gereja sangat berterima kasih untuk semua ini? Kristus yang bangkit serasa tetap berkuasa ketika semua orang berdoa dan berterima kasih pada Allah berkat jasa kaum perempuan. Anak-anak pun makin mengenal Allah yang mempunyai perasaan, bukan hanya Allah yang tahu menghukum dan memberi berkat. Sejak kecil, kita biasa diajar bahwa Allah juga punya perasaan, bisa merasa “senang” dan bisa “marah” juga. Bahasa indah ini bisa didengar melalui bahasa Ibu atau bahasa perempuan yang mengasuh.
Keluarga-keluarga yang terkasih, marilah bersama-sama merayakan paskah bersama laskar-laskar keibuan yang telah ikut membesarkan Gereja kita. Melalui ketekunan dan kesungguhan doa para perempuan, Gereja kita menjadi sungguh Gereja Ibu, Gereja yang mengasuh, mendampingi, mendidik, dan memahami anak-anak Allah yang sedang bertumbuh dan belajar makin mencintai-Nya.
Kita pantas berterima kasih pada para orangtua, khususnya para ibu yang setiap hari setia bersama para imam merayakan Ekaristi harian. Mereka telah membuat sabda Tuhan setiap hari didengarkan dan direnungkan. Kehadiran mereka menjadi doa yang tak putus di seluruh dunia. Seakan-akan mereka mewakili semua orang yang sedang berziarah di dunia ini untuk berterima kasih dan membangun relasi yang hidup dengan Tuhannya.
Keluarga-keluarga terkasih, arti suatu kebangkitan bukanlah sekedar pengalaman Yesus yang bangkit dari mati. Kebangkitan adalah juga sebuah kesadaran bahwa kita semua dimenangkan oleh Tuhan Yesus. Kesadaran ini tidak usah diartikan terlalu tinggi. Cukup kalau, misalnya, setiap hari semua anggota keluarga kita merasa nyaman kalau sudah berdoa sebelum makan, sebelum belajar, sebelum bekerja, atau sebelum tidur.
Romo Hamma SJ dalam bukunya “Iman dan Perasaan” melukiskan betapa kita tidak akan mungkin mencintai Tuhan kalau kita tidak mencintai diri sendiri. Bagaimana kita dapat mencintai diri sendiri kalau kita tidak belajar mengenal diri? Bagaimana bisa mengenal diri kalau tidak mengenal perasaan kita? Setiap anak diajar untuk mencintai dirinya sendiri dan mencintai Allah melalui pelajaran hidup dari para ibu mereka juga.
Tentu saja surat ini tidak bermaksud hanya memuji perempuan dan Ibu, para ayah yang memahami tanggung jawabnya tentu akan memberikan pendidikan yang seimbang melalui sikap kebapakan mereka. Akan tetapi, kehadiran para Ibu yang mengajarkan nilai-nilai hidup rohani memang luar biasa. Pengalaman Maria ternyata bukan satu-satunya. Pengalaman setiap kita membuktikan kehebatan hati ibu, yang tak berhenti mendekatkan kita pada Allah Bapa yang boleh juga disebut Allah Ibu yang Maharahim dalam keberadaan-Nya.
Surat ini mengumandangkan kembali jasa para ibu dan perempuan, khususnya para ibu dari keluarga-keluarga muda. Percayalah, Kristus yang bangkit dan Gereja-Nya amat berterima kasih dan bertumpu pada kehadiran Anda semua sebagai ibu yang terus menerus mengajak semua anggota keluarga untuk tetap mengimani Tuhan Yesus. Kehadiran Anda semua dan doa-doa Anda adalah kesejukan yang selalu menjadikan kita semua menikmati diri sebagai anak-anak Allah, anak-anak Bapa kita.
Sekali lagi Selamat Paskah, selamat menjalani masa kemenangan. Pilihlah kebenaran dan kembangkanlah kasih dengan semua orang yang berkehendak baik, sebab Tuhan kita yang bangkit ingin melihat lebih banyak orang lain memuliakan-Nya melalui perbuatan baik kita. Amin



Salam dalam Yesus, Maria, dan Yosef
Rm. Alexander Erwin MSF

0 comments: