Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Senin, Juni 11, 2012

11 Juni 2012
Pekan Biasa X
Pw St. Barnabas, Rasul (M)

”Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bang­kitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.”


Renungan
Hari ini kita merayakan Pesta Santo Barnabas, Rasul, ”seorang yang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman” (Kis. 11:24). Ia berasal dari Siprus, keturunan bangsa Yahudi dari suku Lewi. Ia menerima nama baru ”Barnabas” artinya ”Putra Penghibur”, yang diberikan para rasul sebagai pengganti nama aslinya, Yosef. Ia dikenal luas sebagai teman seperjalanan Paulus. Sebagaimana Paulus, karya misinya ditujukan kepada orang-orang kafir yang belum mengenal Kristus. Banyak tantangan yang dihadapinya. Bahkan nyawa menjadi taruhannya. Barnabas menemui ajalnya setelah dirajam oleh orang-orang Yahudi di Salamis. Karena karya dan jasanya ini, Barnabas dimasukkan dalam bilangan para pendiri Gereja dan dianggap sebagai seorang Rasul.

Keutamaan Barnabas terletak pada penyerahan dirinya kepada tuntunan Roh Kudus dan iman yang dalam akan Yesus yang memanggil dan mengutusnya untuk mewartakan Injl-Nya kepada semua orang, baik Yahudi maupun bukan Yahudi. Kita pun hendaknya belajar dari keutamaan Santo Barnabas ini: Belajar untuk menyerahkan diri pada tuntunan Roh Kudus. Artinya, membiarkan diri kita melakukan hal yang baik dan yang membawa sukacita. Belajar untuk setia pada iman yang kita milki, artinya apa pun tantangan yang kita hadapi, hanya Yesus selamanya tumpuan dan harapan kita.

Tuhan Yesus, bukalah hatiku pada tuntunan Roh Kudus, agar hidupku mejadi kudus dan berkenan menjadi saksi-Mu. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2012

0 comments: