Website Paroki St. Fransiskus Asisi Tebet sudah pindah domain
Anda akan dialihkan ke domain yang baru dalam (10) detik...







Jika pengalihan tidak berhasil silahkan klik DISINI untuk beralih secara manual

Jl.H.Ramli No.24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870 | Tel (021)8303111 | Fax (021)8318217 | E-mail sanfransis@gmail.com

SELAMAT DATANG, PINTU PESTA TUHAN TELAH TERBUKA UNTUK ANDA, SILAHKAN MASUK... "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dengarkanlah perkataannya" (Kel 23:20-21)

Halaman Muka | Renungan Harian | Dewan Paroki | Wilayah dan Lingkungan | Foto

Senin, April 16, 2012

16 April 2012
Pekan Paskah II (P)
Sta. Bernadette Soubirous; St. Paternus

Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata, ”Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” Yesus men­jawab, kata-Nya, ”Aku berkata kepadamu, se­sung­guhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Kata Nikodemus kepada-Nya, ”Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” Jawab Yesus, ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.”


Renungan
Ada dua jenis pengetahuan, yaitu pengetahuan yang dihasilkan oleh rasio, yang berupa konsep-konsep, conceptual knowledge, dan pengetahuan yang muncul karena kasih, sering disebut intuitive knowledge. Pengetahuan yang pertama tidak banyak mengubah perilaku seseorang. Tidak heran bila ada guru agama yang pandai menerangkan ajaran Gereja, namun perilakunya tidak sesuai dengan ajaran Yesus. Banyak aktivis Gereja yang jarang berdoa bahkan tak beriman. Sebaliknya, pengetahuan yang keluar dari pengalaman akan kasih Allah pasti mengubah perilaku seseorang.

Nikodemus, seorang guru Yahudi, tahu bahwa Yesus adalah Mesias, datang dari Allah, tetapi pengetahuan itu tidak mengubah perilakunya. Dia tak mampu mencerna sabda Yesus: ”Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah!” Secara konseptual, dia tahu Yesus dari Allah, tetapi hatinya tidak mengamininya. Menjadi murid Yesus tidak cukup hanya dibaptis, setiap minggu ke gereja, berdoa ala kadarnya dan memiliki pengetahuan tentang Yesus dan Gereja. Murid Yesus harus lahir dan hidup dalam Roh serta menjadi bagian dari dinamika Kerajaan Allah. Roh Yesus harus menjadi api hidupnya.

Tuhan Yesus, lahirkanlah aku dalam Roh Kudus-Mu agar aku mampu ambil bagian dalam mewujudkan Kerajaan Allah. Amin.

Diambil dari Ziarah Batin 2012

0 comments: